5 Rekomendasi gitar akustik 3/4 terbaik harga 1 juta (tahun 2020)

Rekomendasi gitar 3/4 terbaik 2020 (Sumber gambar : Piqsels)

Notesmusik.blogspot.com - Gitar akustik ukuran 3/4 semua orang pasti menginginkannya, gitar ini mempunya dua tipe yaitu jenis tipe senar nylon dan senar kawat string. Gitar 3/4 ini merupakan anggota keluarga gitar yang mudah dibawa serta digunakan. Biasanya gitar ini dibawa untuk traveling, tour hingga camping. Gitar 3/4 ini jika dibandingkan dengan gitar akustik lainnya memang berbeda jauh dari karakter suaranya hingga bodi ukuran gitar.

Jadi kali ini kami akan memberitahukan kepada Anda cara memilih gitar ukuran 3/4 yang tepat untuk pemula sekaligus untuk sahabat yang suka Travelling. Ada beberapa produk rekomendasi dari kami yaitu Yamaha, Cort, Cowboy, Cetta dan lain-lainnya. Silahkan simak dan pilihlah gitar sesuai dengan budget dan keingin Anda.

Mengenal Gitar Traveling  

Gitar pantai (Sumber gambar : Pixabay.com)

Gitar traveling adalah gitar yang mempunya ukuran bodi ramping yaitu ukuran 3/4 dari bodi gitar akustik pada umumnya. Gitar ukuran 3/4 ini mempunyai ciri khas mudah dibawa dan mempunyai berat sangat ringan sehingga sangat mudah untuk dibawa. Dan pada umumnya gitar 3/4 ini memiliki jumlah fret sejumlah 19-20 biji. 

Cara memilih gitar Traveling

Sebagai berikut merupakan poin-poin terpenting yang perlu Anda ketahui dalam memilih gitar mini atau gitar traveling. Silahkan jadikan panduan Anda dalam memilih

1. Memilih warna dan desain gitar


Pemilihan warna untuk gitar merupakan suatu hal yang terpenting. Warna dapat mempengaruhi kenyamanan dalam bermain gitar. Pilihlah warna kesukaan Anda, dengan memilih warna kesukaan dapat mempengaruhi playability serta kenyamanan.

2. Pilihlah lebar neck sesuai dengan ukuran tangan Anda


Cara menekan neck gitar akan mempengaruhi suara yang dihasilkan sehingga lebar neck sangat penting untuk Anda cek. Meskipun lebar neck pada umumnya memiliki lebar 43 mm, ada juga produk dengan neck lebih kecil yang disebut narrow neck. ketika pengguna sudah terbiasa dengan penggunaan narrow neck. Anda bisa memilih dengan gitar traveling sesuai dengan ukuran tangan dan kekuatan Anda.

3. Lihatlah kualitas kayu dan kerapian dalam memilih gitar



Perhatikan kualitas kayu dan kerapian dalam memilih gitar. Dengan memilih gitar yang memiliki finishing dan kayu back side dan top terbaik dapat mempengaruhi kualitas suara serta kenyamanan dalam bermain gitar. Bila Anda sempat pilihlah gitar dengan kayu solid karena kayu solid memiliki kualitas tune yang kuat.

4. Utamakan kualitas gitar serta kenyamanan ketimbang harga


Harga gitar 3/4 atau gitar mini memiliki banyak variasi dari harga 200rb hingga jutaan rupiah. Meskipun begitu, harga akan mempengaruhi kualitas dari segi kayu, bahan, tingkat kerapian pengerjaan dan kenyamanan suara. Hal yang terpenting ketika Anda memilih gitar mini traveling yaitu kenyamanan saat Anda bermain.

Produk gitar dengan harga murah tentu kebanyakan belum menjamin kualitasnya. Mengapa ? tentunya semua orang sudah mengetahuinya karena segi kualitas suara. Gitar dengan harga murah kebanyakan memiliki kelemahan dibagian Neck gitar mudah bengkok, bodi gitar mudah cembung, dan tune gitar mudah berubah.

5. Baca dan Review produk gitar pilihanmu




Sebelum Anda memutuskan untuk membeli gitar mini sebaiknya review dan baca ulasan tentang produk tersebut. Hal ini perlu dilakukan karena dengan review produk Anda dapat mengetahui tentang bahan, ukuran, kualitas dan kenyamanan produk. Anda bisa mereview produk di Youtube atau di media sosial lainnya. 

5 Rekomendasi Gitar 3/4 terbaik untuk traveling tahun 2020

Jika Anda sudah memahami tentang definisi serta cara memilih gitar 3/4 yang baik dan benar. Sekarang saatnya Kami memberikan rekomendasi gitar 3/4 terbaik untuk Anda dengan budget serta kualitas terbaik. Pilihlah gitar 3/4 berdasarkan cara memilih yang telah kami jabarkan agar Anda nyaman dan puas memilih serta memainkan gitar.  

Yamaha Guitalele GL-1


Yamaha GL-1 (Sumber : id.yamaha.com)

Yamaha GL-1 merupakan gitar seri yamaha dengan ukuran mini berbeda dari gitar yamaha lainnnya, guitalele GL-1 memiliki ukuran 3/4 atau hampir sebanding dengan ukuran ukulele namun sedikit lebih besar. Guitalele ini menggunakan senar nilon sehingga sangat mudah untuk dimainkan untuk pemula. Meskipun bentuknya mini gitar ini dirancang sama seperti gitar senar nilon tipe regular dan gitar ini sangat mudah dibawa traveling.

Headlight
  • Guitalele ini mempunya body ramping 3/4 hampir sejenis ukulele
  • Mempunyai tune suara seperti ukulele namun lebih bervarian
  • Gitar ini memiliki kayu top spruce
  • Fingerboard rosewood
  • Back side gitar menggunakan kayu lokal indonesia
Pada umumnya gitar ini dijual dengan harga 500rb - 700rb rupiah. Guitalele ini dapat Anda temukan ditoko musik seluruh pelosok negeri dan toko buku gramedia. Jika Anda membeli gitar ini maka akan diberikan bonus gigbag. Gitar ini sangat banyak peminat dan mudah digunakan khususnya untuk pemula. Simak video berikut untuk review sound dan penjelasan guitalele


Gitar Cowboy 3/4 


Guitar Cowboy GW 120 

Cowboy GW 120 merupakan gitar ukuran mini pabrikan asal indonesia. Gitar ini merupakan seri 3/4 traveling mudah untuk dibawa kemana saja baik tempat kemah maupun konser. Gitar ini dilengkapi dengan senar string kawat, dengan stainless tuner sehingga mempercantik tampilan gitar ini.

Headlight
  • Gitar mini Cowboy ini mempunyai bodi yang ramping 
  • kayu pada top bodi gitar menggunakan mahogani
  • neck gitar ini menggunakan perpaduan antara rosewood dan mahogani yang menghasilkan suara yang panjang
  • Back dan side gitar menggunakan kayu lokal indonesia
Gitar ini sangat nyaman dan enak digunakan, gitar ini dijual disekitaran harga 700rb -800 rb rupiah ada pun juga seri lainnya seperti JW 120 na dengan ukuran gitar sama yaitu 3/4 namun seri Jw 120 na menggunakan cutway. Anda dapat menemukan gitar ini di toko online dan toko musik terdekat, gitar ini tidak tersedia ditoko buku seperti gramedia. Gitar ini sangat nyaman digunakan dan mudah untuk dibawa bepergian. Namun sayangnya Anda tidak mendapatkan gigbag dalam pembelian gitar ini simak video berikut untuk review suara dan tampilan gitar.


Yamaha JR-1


Yamaha Jr-1 (Sumber : id.yamaha.com)


Yamaha Jr-1 merupakan seri gitar yamaha versi junior. Gitar ini merupakan gitar mini traveling dengan menggunakan senar string kawat berbeda dengan seri guitalele yang hanya menggunakan senar nilon. Gitar ini mempunyai ukuran bodi 3/4 dengan bobot sangat ringan sehingga mudah dibawa berpergian. Berikut adalah headlight spesifikasi dari Jr-1

Headlight
  • Top bodi pada gitar Jr-1 ini menggunakan laminated spruce 
  • Back dan side gitar menggunakan kayu laminated natto
  • neck menggunakan bahan kayu natto 
  • Dengan chrome tuner
Gitar ini sangat fleksibel dan ringan dibawa dalam bepergian, gitar ini dijual sekitaran harga 800rb- 900rb. Jika Anda membeli gitar Yamaha jr-1 ini maka Anda akan mendapatkan bonus gigbag orisinal dari yamaha. Gitar terdapat diseluruh pelosok toko musik negeri, toko buku, dan toko online. Mari kita simak bersama untuk suara dan tampilan gitar Yamaha Jr-1 dalam video berikut



Cort AD MINI OP akustik

AD Mini Cort (Sumber : Cortguitars.com)

Cort AD MINI merupakan cort seri AD dengan bodi dreadnought ukuran 3/4. Cort merancang gitar ini khusus untuk anak muda yang suka traveling, Gitar ini mempunyai senar string kawat dengan bodi finising open pore yang memiliki karakter suara yang tebal. Gitar Cort AD mini adalah gitar yang nyaman untuk dimainkan khususnya para pemula.

Headlight 
  • Cort AD Mini menggunakan kayu top spruce
  • Back dan side pada gitar menggunakan kayu afrika mahogany
  • Neck pada gitar menggunakan bahan mahogani dan fret board dengan kayu merbau
  • Gitar ini memiliki suara yang tebal tidak seperti gitar 3/4 lainnnya 
Gitar ini sangat nyaman dan mudah digunakan. Jika Anda membeli gitar ini maka Anda akan mendapatkan bonus tas gigbag cort. Gitar ini dapat ditemukan di toko musik terdekat, toko buku dan toko online. Cort AD Mini dijual sekitaran harga 1`juta - 1,5 juta. Untuk review suara dan tampilan kita bahas divideo berikut ini.




Yamaha CS 40

Yamaha CS-40 (Sumber: id.yamaha.com)


Yamaha CS - 40 merupakan gitar klasik ukuran 3/4 dan dirancang untuk pemula dengan skala dan bentuk padat yang memungkinkan permainan nyaman. Yang menggabungkan permainan sempurna nada superior. Gitar ini menggunakan senar nilon sehingga sangat mudah untuk dimainkan.

Headlight

  • Bodi top pada kayu gitar ini menggunaka kayu spruce
  • Back dan side bodi gitar menggunakan kayu maranti
  • Neck gitar menggunakan nato dan fingerboard dengan kayu rosewood
  • Gitar ini sangat nyaman dimainkan dan suaranya padat
Yamaha CS-40 dapat ditemukan diseluruh pelosok toko musik yang ada dinegeri, toko buku gramedia,dan toko online. Gitar ini dapat dibeli disekitaran harga 1 juta - 1,4 juta. Jika Anda membeli gitar ini maka Anda akan mendapatkan bonus tas gigbag yamaha. Simak n tampilan gitar dan review suara di video berikut. 




Kesimpulan

Bagi Anda yang suka traveling dan membeli gitar kami sarankan untuk lebih teliti dalam pemilihan gitar. Kualitas kayu pada gitar sangat mempengaruhi suara, selain itu Anda harus memperhatikan nomor seri pada gitar agar bisa mengetahui bahwa produk itu orisinal pabrikan atau kustom.

Kami harap 5 rekomendasi gitar 3/4 diatas dapat membantu Anda dalam memilih gitar yang cocok dibawa traveling. Khususnya para pemula hingga yang suka traveling, dengan memilih gitar yang tepat dapat membantu Anda bermain gitar dengan nyaman.

Comments

  1. banyak game yang menarik di IONQQ
    ayo segera daftarkan diri anda :D
    WA : +855 1537 3217

    ReplyDelete

Post a Comment