5 Rekomendasi gitar klasik terbaik harga 1 juta (Tahun 2020)

Rekomendasi gitar klasik (Sumber: Wikipedia.org)

Notesmusik.blogspot.com -
Gitar klasik semua orang pasti sudah mengetahuinya, gitar ini mempunyai senar nylon dengan karakter suara yang lembut. Gitar ini merupakan anggota keluarga gitar dari musik klasik. Gitar klasik pada zamannya yaitu pada abad 15an sudah populer dengan menggunakan senar nylon. Gitar klasik ini kalau dibandingkan dengan gitar akustik steel-string memang beda jauh dari segi suara maupun segi suaranya.

Jadi, Kali ini kami akan memberitahukan kepada Anda cara memilih gitar yang tepat untuk pemula sekaligus yang terbaik untuk dimainkan. Beberapa produk rekomendasi kami dari Cort, Yamaha, Cowboy, Ibanez , Grande dan yang lainnya. Silahkan simak dan pilih gitar sesuai dengan budget  dan keinginan Anda

Mengenal Gitar Klasik

Gitar klasik adalah gitar berjenis akustik yang biasanya digunakan dalam musik bergenre klasik. Gitar ini memiliki ciri khas yaitu menggunakan senar nylon dan pada umumnya memiliki fret sejumlah 19 biji. Memasang senar string pada gitar klasik sangatlah tidak cocok dan dapat menyebabkan kerusakan pada body gitar serta necknya.

  Sejarah, awal musik instrumen klasik sejak 1500 Masehi

Sejarah gitar klasik (Sumber: Pixabay)

Jika membahas tentang instrumen permusikan klasik, sudah banyak orang membayangkan tentang gitar klasik. Perlu diketahui gitar klasik lahir pada 1500 SM yang dulu dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah tanbur. Pada tahun 300 M Tanbur dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudia oleh bangsa Romawi. Pada tahun 476 M alat musik ini dibawah ke Spanyol oleh bangsa Romawi dan bertransformasi menjadi Guitarra Latina untuk memainkan akor. Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan Al ud ke Spanyol. Berdasarkan kontruksi Al ud Arab dan kedua model gitar Romawi tersebut, bangsa Spanyol memutuskan untuk membuat alat musiknya sendiri yaitu Vihuela. Sebagai hasilnya, Vihuela menjadi populer di Spanyol dibandingkan alat musik lain-lainnya. Di Eropa alat musik Al ud disambut dengan baik sehingga berkembang menjadi berbagai macam model gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi Gitar klasik yang digunakan pada saat ini. Tahukah Anda gitar klasik modern saat ini didesain pada akhir ke-19 oleh luthier

Cara memilih Gitar klasik untuk pemula

Selanjutnya kami akan menjelaskan kepada anda bagaimana cara memilih gitar yang baik dan mudah dimainkan. Berikut ada beberapa cara yang harus anda ketahui untuk memilih gitar klasik.

1. Memilih warna dan desain gitar

Warna dalam pemilihan gitar klasik merupakan hal yang sangat penting. Warna dapat mempengaruhi kenyamanan dalam bermain gitar. Pilihlah warna kesukaanmu karena warna dapat meningkatkan skill playability dan semangatmu dalam bermain gitar.

2. Jenis Kayu pada bodi gitar

Jenis kayu gitar pada gitar klasik haruslah diperhatikan karena masing-masing kayu mempunyai karakter suara yang berbeda-beda. Anda juga harus mengetahui jenis kayu bodi pada bagian back, top dan side gitar. 

3. Ukuran bodi gitar


Dalam memilih gitar klasik kita harus memahami ukuran tubuh kita dengan ukuran gitar. Ukuran bodi gitar dengan besar tubuh anda sangat mempengaruhi permainan. Semakin besar ukuran tubuh anda kami sarankan untuk menggunakan ukuran 4/4, bila anda mempunya tubuh yang sedang gunakanlah ukuran 3/4.  

4. Mencoba terlebih dahulu 


Bagi pemula, kenyamanan gitar menjadi hal yang harus di utamakan untuk menunjang proses belajar bermain gitar. Karena itu, Anda harus mencoba dulu sebelum membeli gitar. Dengan mencoba terlebih dahulu, Anda bisa menyusuaikan jari-jari anda dengan kenyamanan. Tidak hanya itu, Anda bisa tahu kualitas barang dari segi finishing cat hingga suara gitarnya.

5. Survey dan Baca review produk



Sebelum memutuskan untuk membeli gitar klasik, Anda harus melakukan survey dan review produk lewat sosial media maupun internet. Dengan melakukan kedua hal tersebut anda bisa mengetahui kelebihan barang serta kekurangan barang.

5 Rekomendasi gitar klasik terbaik untuk pemula tahun 2020

Jika anda sudah memahami jenis gitar dan fungsi gitar klasik, Sekarang saatnya kami memberikan rekomendasi pilihan terbaik untuk gitar klasik yang budgeting serta mempunyai kayu yang bagus. Pilihlah gitar klasik berdasarkan cara memilih yang terlah kami jabarkan agar Anda nyaman memainkan dan cepat mahir bermain gitar.

Yamaha C40
Gitar Yamaha C40 ( Sumber: id.yamaha.com)

Yamaha C-40 merupakan instrumen gitar klasik yang memiliki harga sangat terjangkau namun menawarkan kulitas yang baik dalam pengerjaan, penampilan, suara, dan kemudahan penggunaan. Gitar ini merupakan Perfect starter guitar atau gitar starter sempurna buat pemula. Jika anda membeli gitar ini di toko resmi didekat kota. Anda akan mendapatkan satu set lengkap yaitu berupa : Tas dan tunner gitar


Headlight

  • Gitar klasik ini mempunya bodi top kayu spruce
  • Bodi side dan back kayu natto
  • Kualitas pengerjaan pabrik orisinal yamaha dengan harga terjangkau
Pada umumnya gitar ini dijual pada sekitaran harga 800-1,5 juta. Gitar yamaha C-40 tersedia ditoko-toko musik maupun toko buku gramedia, untuk lebih lengkapnya simak video dibawah ini.





Yamaha C-315

Yamaha C-315 (Sumber gambar: id.yamaha.com)

Yamaha Series C-315 merupakan series gitar yamaha satu keluarga dengan C40 namun mempunyai perbedaan yaitu di head gitar dan di bahan bodi gitar. Gitar ini merupakan gitar paling banyak dimiliki oleh para murid yang bersekolah di Yamaha School. Gitar C-315 mempunyai suara yang lebih padat dibandingkan seri yang lain, Anda dapat membeli gitar ini di toko dealer musik maupun di Gramedia. Gitar ini mempunyai range harga sekitar 900 rb - 1,8 jutaan tergantung ditempat maupun dilokasi daerahnya.

Headlight
  • Bodi top pada gitar C-315 spruce
  • Back dan side bodi gitar menggunakan kayu aghatis 
  • Finger board dan neck gitar menggunakan kayu nato
  • Memiliki tune lebih sempurna di kelasnya
Gitar C-315 sangat cocok digunakan untuk jangka panjang, gitar ini sangat awet dan enak dimainkan dalam bentuk fingerstyle maupun klasikal. Untuk review dan suara lebih lanjut simak video dibawah ini.



Cort AC 100 OP
Cort Ac 100 OP (Sumber gambar: cortguitars.com)
Cort AC 100 OP merupakan gitar akustik yang bermodel gaya tradisional AC telah direkayasa ulang untuk meningkatkan resonansi suara gitar klasik yang otentik. Gitar ini memiliki kombinasi kayu sehingga memiliki suara yang lebih tajam dari gitar saingannya. Cort AC 100 ini memiliki karakteristik suara yang tradisional mendalam dan menyenangkan. Gitar ini bisa anda dapatkan di toko online, toko musik, dan toko buku dengan range harga sekitar  1 juta- 1,8 juta.

Headlight
  • Cort AC 100 OP ini memiliki body berkualitas dengan top spruce
  • Back dan side body dengan bahan mahogani 
  • Neck mahogani, fingerboard dan head gitar menggunakan kayu merbau
Gitar Cort AC 100 OP merupakan gitar yang bagus dikelasnya, gitar ini memiliki karakter sustain yaitu memiliki tone dan nada yang panjang. Untuk melihat review sound simak video berikut ini.



Yamaha CX 40

Yamaha CX 40 (Sumber gambar: id.yamaha.com)
Yamaha CX 40 merupakan seri gitar klasik setelah perkembangan yamaha C-40, gitar yamaha seri CX ini dilengkapi pream bawaan asli dari pabrikan yamaha sehingga gitaris tidak perlu membeli pream dari luar. Gitar ini merupakan seri terbaik diharga range 1-1,8 juta. CX 40 ini mempunya konsep permainan plug n play yang berarti tinggal masukan kabel jack kegitar dan langsung perform. Gitar CX 40 tersedia ditoko musik, toko buku gramedia diseluruh daerah indonesia.

Headlight
  • Yamaha CX 40 memiliki body top spruce
  • Back and side natto
  • top head mahogani
  • Dilengkapi dengan preamp gitar bawaan pabrik
Gitar Yamaha CX 40 ini adalah seri yang istimewa dikelasnya, Jika anda membeli gitar ini anda akan mendapatkan include dengan 1 set tas gitar dan tuner. Untuk review penampilan dan suara simak video dibawah ini.



Yamaha CGX 102


CGX 102 (Sumber: id.yamaha.com)
Yamaha CGX 102 merupakan perkembangan dari seri yamaha sebelumnya cg102. Gitar CGX ini dilengkapi dengan preamp orisinal yamaha, hampir sama dengan seri CX namun yang membedakan adalah bahan dan posisi preamp tersebut. Anda bisa mendapatkan gitar ini di range sekitar harga 1-1.9 juta. Bila anda membutuhkan gitar untuk keperluan manggung ya CGX 102 adalah jawabannya.

Headlight
  • Yamaha CGX 102 memiliki top bodi dengan kayu spruce
  • Back dan side bodi menggunakan kayu nato
  • Finger board menggunakan rosewood
  • Dan dilengkapi dengan dynamick pick up preamp
Yamaha CGX 102 memiliki tone yang natural. Gitar ini merupakan seri yang istimewa dikelas CG, gitar ini tersedia ditoko online, toko gitar dan toko buku gramedia. Untuk review suara dan tampilan gitar simak video dibawah ini.




Kesimpulan

Bagi anda yang baru belajar bermain gitar, Anda perlu memperhatikan jenis kayu dan body gitar. Selain itu, Anda harus memperhatikan seri kode pada gitar untuk mengetahui bahwa gitar itu orisinal atau kustom. Perhatikan juga jenis kayu yang digunakan karena setiap kayu pada gitar mempunyai karakter serta kualitas suara yang dihasilkan berbeda. 

Kami harap 5 Rekomendasi gitar klasik terbaik diatas dapat membantu Anda, khususnya para pemula dalam memilih gitar yang baik dan tepat. Dengan memilih gitar yang tepat dapat membantu Anda untuk mahir dalam bermain gitar.

Comments

  1. Request rekomendasi gitar 3/4 donk kakak

    ReplyDelete
  2. permainan poker yang gampang menangnya hanya di IONQQ
    ayo segera di coba permainan kami :D
    WA: +855 1537 3217

    ReplyDelete

Post a Comment